Minggu, 27 Desember 2015

Lesson Plan

HS ala-ala umar, thariq dan raffa

Huh hah huh hah bangeud ya seminggu ini..
Raffa sakit jd waktu khusus utk menemani 2 kknya berkurang.

Umar belajar adab belajar, diajarin doa sblm belajar dan sedikit pengetahuan ttg keutamaan orang berilmu.
Umar mulai bs ngajarin 2 adiknya utk ikut belajar. Bawa buku bantal lalu menunjukkan konten buku tsb ke raffa dan ngasih tau thariq kl bicara ke ummi hrs dg suara yg lembut.

Mereka berdua bikin proyek flyover dimana Umar yg jd enjinernya dan thariq yg bikin gambar, rambu lalu lintas lalu dipake main bersama.
Catatan: sampe saat ini minat Umar ke pensil/pen utk menulis, menggambar atau mewarnai msh terbatas. Umar lbh suka "membaca" membuat eksperimen dan proyek sains sederhana ketimbang pegang alat tulis.
Bbrp huruf sdh mulai dikuasai meski saya tidak pernah secara khusus mengajarkan umar membaca. Utk bbrp merk beckhoe umar sdh bisa susun hurufnya dan tau dimana letaknya.
Itu jg udah uyuhan, padahal saya pernah pasang target umar hrs bs baca usia 3 tahun karena dl saya punya siswa kelas bimbingan membaca dg metode cantol raudhah bs baca usia 3,5 tahun.

Matematika
Mempelajari ukuran dg bantu ummi ngiloan gula merah 😁 pake timbangan di toko trs dilanjutkan dg menimbang mainan nya sendiri
Ummi bantu catat kemudian umar bandingkan beratnya berdasarkan pengamatan bersama tsb.

Sains
Lanjutan dr mengukur berat, umar mempelajari benda terapung dan tenggelam dr bbrp mainan yg kmrn sdh ditimbang dr ukuran dan bahan yg berbeda.

Language dan art alhamdulillah tereksekusi bersama. Umar belajar sitdown dkk ga mau kl talaqi tp semangat ketika sambil mewarnai kaligrafi Allah dg pewarna makanan. Alhamdulillah 😍 malah minta diulang lg.

💕💕💕💕💕💕

Ada kejadian yg cukup membuat saya terbuka "matanya" ketika rabu kmrn mengantar omnya umar wisuda di sabuga.
Utk memanfaatkan waktu kami ajak mereka ke salman.
Di perjalanan dr lap parkir Umar semangat jln sendiri karena katanya, Umar hrs kuat, kan mau pergi ke suriah. Saya olohok..euleuh saha ieu yg ngajak balita ke suriah?

Olohok kedua terjadi ketika beliau minta, mi hayu kita cari masjid, abang mau shalat 😭😘

Olohok ketiga, ketika di salman.
Singkat cerita ada 2 akhwat sdg main badminton. Umar dan adiknya kururangkuliling caper dan berhasil memikat 2 ammah ini jd ngasuh mereka. Dan kemudian menarik perhatian teman ammah yg lain tarrrraaaa ternyata ada diantara nya Teh Tristi yg tempo hari ngisi ttg media literasi di Sabumi lalu jd tali kasih deh 😁

Tidak ada komentar:

Posting Komentar