Minggu, 27 Desember 2015

mengapa homeschooling?

Sengaja judul tulisan ini diawali dengan kata mengapa?
Tak lain karena saya merasa harus menuangkan sekian banyak alasan yang kelak kemudian bisa dipertanggung jawabkan ketika keputusan besar dibuat.
Umar Abdul Aziz al Banna saat ini berusia 4 tahun, si sulung yang perfeksionis, bermauan kuat, suka mengatur :D kadang haus pujian hehe.
Thariq Saifullah Al Fatih si bayi besar 25 bulab, selalu lucu dan menggemaskan tapi slenge'an dan gemar menolong.
Raffa Syahidah Intifadhah the beauty baby i ever had (iya da cuma satu qiqiqi) yang kini 6 bulan.
Sepulang seminar homeschooling sabtu, 12 september 2015 Kmrn begitu masuk mobil lgs ditodong utk presentasi sm suami.
Kami ngobrol sepanjang perjalanan. Dan mendapatkan kesimpulan sementara:

1. Kami berdua bkn orang yg terikat jam kerja, sehingga waktu utk bersama anak dan menemani proses belajar mereka terbuka peluangnya dg sangat besar.
Dan kami berdua menposisikan hal itu sbg modal dan potensi yg bs dimanfaatkan utk belajar anak2.
Asas ekonomi yg kaya kata Teh Kiki Barkiah tea 😅

2. Saya sm suami hobi koleksi buku (abaikan dl perkara bukunya banyak yg blm dibaca 😁) 
Buat anak2 jg udah dikumpulkan buku teh sblm mereka lahir.
Jd dr bayi si bayi2 ini udah saya kenalin buku bantal. Dimana2 ada. Di mobil. Di rmh nenek. Di rmh udah jelas.
Jd anak mmg sdh terbiasa dg pola BELAJAR.
Sblm ikut seminar kmrn mah saya ge bingung..anak belajar sm saya kukumahaan? Saya hrs bikin prota, promes, rpp. Sendiri? Tanpa desain, tanpa sistem?
Ternyata 😱 keyword nya belajar. Bukan sekolah.
Jadi sama saya diajarin bahkan sejak diperut jg itu sdh belajar.

3. Saya full mengASI anak2 meski enggak 24 bln da keburu pd lahir adiknya bertubi-tubi 😁
Dan poin pertama yg Teh Kiki Barkiah sampaikan kmrn adalah menyusui ini.
Ini penting. Ini pembelajaran pertama. Mereka saya bawa tilawah, ikut taklim, belajar. Mereka belajar pola ummi abinya belajar. Ditransfer ilmu menghormati ustadz, berkomunikasi dan berinteraksi dg beragam usia.

Keyword berikutnya yg jadi bahan perhatian kami, kata Bu Ida Nuaraini hs bkn ngejar kompetensi kognitif semata tp bagaimana anak selamat aqidahnya, kuat mentalnya, tangguh dan berintegritas.
Dari sana baru kita tentukan formulanya. Apa yg menunjang tercapainya target itu baru diadopsi k dlm kurikulumnya hs keluarga kita. Kl enggak abaikan saja jgn kabita liat yg lain.
Karena desain dan formulasi yg bekerja di keluarga A blm tentu sesuai dg keluarga kita begitu pun sebaliknya.

4. Keyword kedua bahwa dalam hs pola pengasuhan dan pola pengajaran berjalan bersamaan. Ketika mengajarkan utk beresin mainan kl selesai main, itu di PPKn bab tanggung jawab. Diajarin berbagi, berinfaq itu tenggang rasa.
Liat kebakaran di jambi, umar tetiba nyeletuk kasian binatang nya ya mi..kancil, harimau, burung, ular kepanasan..
Udah ada empati.
Kemudian ngebantuin melayani pembeli di toko, dia kadang nambahin servis dg ngasih tau kelebihan barang tsb (softklill berwirausaha 😁)

Umar biasa liat kami baca buku, menulis, mendesain sesuatu.
Yg intinya konsep pembelajaran ada di rmh. Sepertinya jalan menuju hs terbuka.
Jd sulit dan bikin khawatir kl tiba-tiba. Di rmh tidak dibangun suasana belajar dan anak jg enggak pergi sekolah.

Alhamdulillah sejauh ini orang tua dan mertua justru support karena anak2 udah biasa belajar.

Kaya dlm perjalanan umar udah biasa ngoceh ttg apa itu gelombang elektromagnetik, radio teleskop, atmosfer dll. Yg kata om tantenya itu anak canggih pisan, kumaha jelasinnya ummi?

Yang pasti proses belajar ini akan bermanfaat utk semua. Ummi abinya meng-upgrade trs diri, meningkatkan kapabilitas, kompetensi dan meningkatkan kapasitas.

We'll see..ngikutin aja dl Umar dan adik2nya ini nyaman dengar belajar model apa. Karena schooling atau homeschooling bkn masalah aqidah..moal dosa..very simple n flexible..kl suatu saat dr schooling jadi homeschooling atau sebaliknya no problemo :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar